CURUG LEUWI LIEUK, Surga di Pusat Kota

 Curug Leuwi Lieuk - Bosan dengan tempat wisata buatan? Anda bisa berkunjung ke Curug Leuwi Lieuk. Curug atau air terjun yang ada di Bogor ini menjadi destinasi wisata baru yang seru untuk melepas lelah dan menyegarkan. Berikut ini adalah informasi mengenai air terjun ini.

Daya Tarik Curug Leuwi Lieuk

Curug leuwi lieuk
Sumber foto | instagram.com/mchmdrizki17

1. Air yang jernih

Curug ini memiliki air yang jernih meski berada di tengah kota Bogor. Karena bias cahaya dari bebatuan dan pepohonan di sekitarnya, Anda bisa melihat bahwa kondisi airnya kehijauan. Bahkan saking jernihnya, bagian dasar dari kolam pun bisa terlihat dengan jelas.

2. Lebih sepi dan bersih

Ada dua curug lain yang berada di dekat kawasan ini dan mereka memiliki pengunjung yang lebih ramai. Hal tersebut menjadikan Curug Leuwi Lieuk menjadi kawasan air terjun yang lebih sepi. Pengunjung pun bisa menikmati fotografi dengan lebih baik dan tidak perlu antri ketika masuk curug.

Karena pengunjungnya yang tidak banyak pula, itu sebabnya curug ini memiliki tingkat kebersihan yang lebih baik. kolamnya bebas dari sampah yang diakibatkan oleh pengunjung. Airnya juga tidak terkontaminasi oleh kotoran lainnya, sehingga Anda bisa berenang dengan lebih nyaman.

3. Surga di pusat kota

Karena letaknya ada di Sentul yang merupakan pusat kota Bogor, itu sebabnya curug ini menjadi daya tarik warga sekitar. Umumnya yang datang ke tempat ini adalah warga Bogor juga yang ingin berekreasi dengan nuansa wisata alam dan harga perjalanan yang cukup murah dibanding tempat lain.

4. Suasananya adem

Kota Bogor memang dikenal sebagai kota hujan. Suasananya sangat adem sehingga banyak orang memilih untuk berkunjung ke kota ini ketika liburan. Tak terkecuali berbagai curugnya yang alami, termasuk Leuwi Lieuk yang tak begitu jauh dari keluar pintu tol Jakarta-Sentul.

Baca juga : Tebing Keraton, Salah tempat wisata hits di Bandung

Kegiatan di Curug Leuwi Lieuk

Curug leuwi lieuk
Sumber foto | instagram.com/ogoy_

1. Berenang

Kegiatan wajib yang tak boleh dilewatkan adalah berenang di kolam curug. Airnya yang bersih, segar dan dingin menjadi keuntungan yang tidak akan Anda temukan di tempat lain di Bogor. Kolam juga tidak memiliki dasar yang dalam sehingga tidak berbahaya, termasuk untuk anak-anak.

2. Menyelam

Menyelam menjadi aktivitas yang juga akan sangat menyenangkan saat bermain ke Curug Leuwi Lieuk. Saat menyelam, Anda memang tidak menemukan biota seperti di laut. Namun koleksi batu alami di bawah kolam sangat indah. Anda juga bisa berfoto karena airnya cukup jernih.

3. Cliff jumping

Di sekitar kolam terdapat bebatuan seperti green canyon yang sangat indah. Bebatuan ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan cliff jumping. Ada beberapa spot untuk melakukan cliff jumping di tempat ini. Anda bisa menjatuhkan diri ke kolam dari ketinggian yang rendah dan aman.

4. Floating

Kalau Anda malas untuk berenang, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan melakukan floating. floating atau mengambang bisa didukung dengan pelampung yang disewakan di area curug. Harga sewanya tergantung bentuk dan besarnya pelampung.

5. Piknik

Jika Anda hanya ingin bersantai, tentu saja piknik menjadi kegiatan yang seru di tempat ini. Anda bisa memilih untuk duduk di bebatuan sambil menyantap bekal dari rumah. Pepohonan yang mengelilingi curug juga bisa membuat suasana piknik menjadi sejuk.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Lieuk

Harga untuk bisa masuk ke area ini adalah Rp25.000,00 per orang. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya parkir untuk motor Rp10.000,00 dan mobil Rp20.000,00. Harga untuk dewasa dan anak-anak sama rata.

Fasilitas di Curug Leuwi Lieuk

1. Parkir

Jangan khawatir jika Anda datang ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di sana dengan aman dan hanya membayar retribusi parkir. Hanya saja, lokasi ke curugnya agak jauh karena Anda harus menanjak bukit untuk sampai ke curug.

2. Warung dan kios

Kelebihan lainnya dari tempat ini adalah adanya warung dan kios kecil saat berjalan menuju curug. Anda yang tidak membawa bekal bisa membeli makanan di sekitar sini. Ada juga kios yang sengaja menyewakan pelampung untuk digunakan pengunjung saat menikmati kolam curug.

Alamat dan Jalur Menuju Destinasi

Lokasi dari Curug Leuwi Lieuk terdapat di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Bogor 16830. Kawasan ini sering juga disebut sebagai area Sentul Bogor. Dari pusat kota Bogor hingga ke curug ini membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute kendaraan pribadi

Kendaraan pribadi bisa menuju ke curug, namun diparkirkan di tempat yang tersedia. Anda perlu memilih rute Sentul Barat, kemudian keluar di Bundaran Sentul Nirwana. Jika Anda menggunakan sepeda motor, Anda bisa ke Bundaran Sentul melalui jalur Babakan Madang atau Tiga Roda.

Pilih jalur kiri menuju Jungleland hingga ke pertigaan, kemudian belok kiri. Di sana, Anda akan menemukan sebuah plang yang menunjukkan air terjun Leuwi Lieuk setelah perjalanan sejauh 5 kilometer. Setelah itu, Anda perlu berjalan kaki menuju curug dengan ikut petunjuk arah saja.

Rute transportasi umum

Sayangnya, Anda perlu menyiapkan uang yang cukup banyak untuk ongkos menggunakan kendaraan umum. Pasalnya, daerah Sentul bukanlah area yang memiliki angkutan umum seperti kota Bogor lainnya. Jika dari arah Stasiun Bogor, naik angkot 03 ke terminal Baranang Siang.

Setelah tiba di Baranang Siang, Anda bisa naik angkutan berupa bus mini bernama Miniarta yang merupakan jurusan Kampung Rambutan. Mintalah untuk turun di pertigaan Tiga Roda. Setelah itu, Anda bisa menyambung transportasi menggunakan ojek online atau pangkalan menuju lokasi.

Curug Leuwi Lieuk menjadi pilihan destinasi liburan singkat yang tepat. Selain tidak jauh dari kota besar, curug ini juga masih sangat asri dan kondisinya yang bersih. Selain menyenangkan, pengalaman berlibur di curug akan membuat Anda merasa segar.

Postingan populer dari blog ini

Tebing Keraton, Salah Satu Tempat Wisata Hits di Bandung

12 Tempat Wisata di Bandung Yang Selalu Bikin Kangen Untuk di Kunjungi Lagi

Dago Bakery Punclut, Tempat Liburan Asik Keluarga