Pantai Tanjung Lesung, Harga Tiket Masuk dan Wahana

 Pantai Tanjung Lesung - Pantai yang berada di daerah Pandeglang Banten menjadi destinasi wisata yang apik untuk orang perkotaan. Nama pantai ini adalah Pantai Tanjung Lesung. Pantai yang dibilang sebagai surga Banten ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan. Berikut ini adalah informasi tentang pantai indah ini.

Daya Tarik Pantai Tanjung Lesung

Pantai tanjung lesung
Sumber foto | instagram.com/febby_mp

1. Pohon rindang

Jika biasanya daerah sekitar pantai hanya memiliki pohon seperti pohon kelapa saja, di pantai ini malah memiliki pohon yang rindang. Itu sebabnya, saat Anda menghabiskan waktu di pantai di siang hari pun tidak terasa panas. Anda bisa berpiknik di bawah pepohonan yang rimbun.

2. Pasir putih

Pantai Tanjung Lesung memiliki pasir yang warnanya putih dan bersih. Pasirnya juga sangat lembut sehingga tidak akan menyakitkan kaki saat berjalan tanpa alas kaki. Anda juga bisa mengajak anak-anak bermain istana pasir karena tidak banyak mengandung cangkang kerang yang kasar.

3. Ombak yang sedang

Pantai ini menghadap ke selat Sunda. Jadi, Anda tidak akan menemukan ombak yang besar. Beberapa meter dari bibir pantai juga tidak terlalu dalam sehingga banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk berenang di pantai tanpa khawatir dengan deburan ombak.

Baca juga : CURUG LEUWI LIEUK, Surga di Pusat Kota

Wahana dan Kegiatan di Pantai

Pantai tanjung lesung
Sumber foto | instagram.com/mas.indraena

1. Piknik

Anda bisa menghabiskan waktu untuk berpiknik di area pantai. Karena bibir pantainya yang luas dan memanjang, Anda bisa memilih tempat yang teduh. Sepanjang pantai dipenuhi pohon yang rimbun sehingga cocok untuk bersantai sambil pesta makan di sini.

2. Snorkeling

Aktivitas snorkeling menjadi kegiatan yang wajib Anda lakukan ketika mengunjungi Pantai Tanjung Lesung. Di pantai ini, Anda bisa menikmati berbagai keindahan terumbu karang yang ada di bawah laut. Untuk peralatannya, Anda bisa menyewa jasa snorkeling dan akan ada guide untuk ke area snorkeling.

3. Diving

Tak hanya snorkeling, Anda juga bisa melakukan aktivitas yang sangat menarik yaknni diving. Diving di pantai ini diperbolehkan selama mengikuti aturan dari guide yang ada di pantai. Hanya saja, untuk bisa melakukan diving Anda perlu membawa peralatan tersendiri.

4. Berkunjung ke penangkaran terumbu karang

Terumbu karang merupakan benda laut yang sangat indah. Tempat untuk tinggalnya spesies laut ini dijadikan tempat wisata oleh pengelola pantai. Terumbu karang di Tanjung Lesung sangat beragam dan berwarna-warni. Anda bisa melihatnya ketika diving atau snorkeling.

Tanjung Lesung memiliki tiga area penangkaran terumbu karang. Pertama, ada di Pulau Liwungan. Kedua ada di Tanjung Lesung dan ketiga ada di Karanggandul. Semua area dijaga dengan baik. ketika berkunjung, Anda pun akan diberikan informasi tentang keunikan dan penangkarannya.

5. Transplantasi terumbu karang

Terumbu karang bisa tumbuh secara alamiah, namun juga bisa dibantu dengan adanya transplantasi. Anda akan diajarkan untuk melakukan transplantasi terumbu karang oleh guide saat melakukan penangkaran. Kemudian, hasilnya akan dilepaskan kembali ke laut dan dibiarkan berkembang.

6. Berkunjung ke Kampung Ciponan

Kampung Ciponan merupakan salah satu area perkampungan di tepi pantai. Di area ini, penduduknya tak hanya bekerja sebagai pengelola pantai. Mereka juga menjadi seniman untuk membuat patung badak bercula satu khas Provinsi Banten.

7. Berkemah

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah berkemah. Berbeda dengan pantai lain, berkemah di pantai ini cukup aman karena angin lautnya yang tidak begitu kencang. Anda bisa membawa peralatan berkemah sendiri atau menyewa di sekitar Kampung Ciponan.

8. Spot fotografi

Pemandangan yang ditawarkan di Pantai Tanjung Lesung sangat memikat mata. Anda bisa melakukan fotografi karena spotnya yang bisa dibilang sangat romantis, terutama saat matahari terbenam. Ada ayunan yang mengarah ke pantai dan sangat unik untuk feeds sosial media Anda.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

1. Tiket orang

Pantai Tanjung Lesung menerapkan perbedaan harga tiket saat hari biasa dan weekend. Untuk weekdays Senin-Jumat, seorang pengunjung dikenakan tiket seharga Rp. 25.000,00. Sementara untuk weekend, satu orang membayar seharga Rp. 40.000,00.

2. Tiket kendaraan

Tak jarang jika pengunjung membawa kendaraan pribadi. Untuk kendaraan mobil, pengunjung harus membayar parkir sebesar Rp. 20.000,00. Sementara yang membawa motor atau kendaraan roda dua lainnya, tiket parkirnya adalah Rp. 10.000,00 saja.

Fasilitas Pantai Tanjung Lesung

Pantai tanjung lesung
Sumber foto | instagram.com/private_villa_tanjunglesung

1. Penginapan

Di sekitar pantai, terdapat banyak penginapan yang bisa Anda sewa. Ada hotel, resort, villa, hingga homestay dengan harga yang terjangkau. Harga per malamnya sekitar Rp. 300.000,00 hingga Rp. 2.000.000,00 tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

2. Restoran

Jangan khawatir untuk menyantap makanan di sekitar sini. Ada banyak restoran khas Sunda, warung makanan kecil, hingga tenda-tenda jajanan. Meski daerah wisata, harga yang ditawarkan di tempat ini sangat terjangkau.

3. Penyewaan kegiatan pantai

Jika Anda ingin snorkeling dan berkemah, ada tempat khusus untuk menyewakan fasilitasnya. Biasanya, ada paket-paket tertentu beserta guide untuk mengajak Anda eksplorasi di pantai dan laut.

Akses atau Jalur

Untuk bisa datang ke pantai ini, Anda tidak perlu khawatir. Akses menuju pantai sangat mudah. Jalan menuju ke sana pun sangat bagus meskipun cukup jauh dari pusat kota. Alamatnya berada di Desa Tanjung jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Rute tol

Anda bisa mengambil jalan tol Tangerang dengan jalur Merak, kemudian keluar melalui jalur tol Serang Timur. Perjalanan dilanjutkan ke arah Labuan, Pandeglang. Anda akan menemukan beberapa petunjuk jalan untuk sampai ke daerah Tanjung Lesung.

Rute transportasi umum

Dari terminal mana saja, Anda bisa memilih bus yang akan membawa Anda ke terminal Banten. Setelah itu, lanjutkan perjalanan Anda ke terminal Labuan. Dari terminal, Anda perlu naik mobil ELF atau naik ojek. Tujuan Anda adalah daerah Sumur Batu, Tanjung Lesung.

Keindahan Pantai Tanjung Lesung yang ada di Pandeglang Banteng ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Meski jauh dari pusat kota, waktu yang Anda habiskan di tempat ini akan sangat memuaskan karena keindahan dan suasananya yang menenangkan.

Postingan populer dari blog ini

Tebing Keraton, Salah Satu Tempat Wisata Hits di Bandung

12 Tempat Wisata di Bandung Yang Selalu Bikin Kangen Untuk di Kunjungi Lagi

Dago Bakery Punclut, Tempat Liburan Asik Keluarga